Profil

02.32 SMK AKPELNI 0 Comments

Gambaran Singkat
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pelayaran "AKPELNI" didirikan oleh dan dibina oleh para
pengurus Yayasan Wiyata Dharma pada tahun 2009, mereka adalah para alumni AKPELNI yang telah berhasil di dunia usaha perusahaan pelayaran serta di bidang pendidikan.
SMK Pelayaran “AKPELNI” Semarang bekerja sama dengan perusahaan  Pelayaran “Lintas Samudra”  yang beroperasi melayari baik di dalam negeri maupun ke luar negeridengan kapal yang berbobot mati antara 5000 ton sampai dengan 40.000 ton, baik carter maupun milik sendiri sejumlah 45 kapal.
Dengan demikian para taruna SMK Pelayaran “AKPELNI” Semarang mempunyai masa depan yang baik untuk praktek kerja berlayar (proyek laut), serta berpeluang kerja yang sangat baik. Sehingga kekurangan tenaga pelaut baik di dalam negeri maupun di luar negeri berangsur-angsur terpenuhi.
SMK Pelayaran “AKPELNI” Semarang memanggil para lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan lulusan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di seluruh Indonesia umumnya dan Jawa Tengah pada khususnya, untuk dididik menjadi AHLI NAUTIKA TINGKAT IV (ANT IV) dan AHLI TEKNIKA TINGKAT IV (ATT IV) berwawasan nasional maupun internasional.

Sejarah
Tahun 2009
SMK Pelayaran AKPELNI Semarang didirikan oleh Yayasan Wiyata Dharma mulai Tahun Ajaran 2009/2010 tepatnya pada tanggal 17 Juli 2009, berlokasi di gedung AKPELNI yang lama yaitu Jl. Mgr. Sugiyopranoto No. 37 Semarang (200 m dari Tugu Muda)
Untuk pertama kali membuka Program Keahlian Nautika dan Teknika Tingkat IV Internasional yang dikelola oleh staff dan pendidik yang berpengalaman.
Kepala Sekolah SMK Pelayaran AKPELNI Semarang yang pertama diserahkan kepada Capt. H. Turiman Mijaya, M.Mar untuk periode tahun 2009 - 2013.
Susunan organisasi sekolah sebagai berikut :
Kepala Sekolah                   : Capt H. Turiman Mijaya, M.Mar
Waka Ketarunaan              : H. Rudiman Sobari, ANT III
Waka Kurikulum                : Moch Hadiannur, S.Pd
Waka SaranaPrasarana   : Drs Murdjiono


VISI
SMK Pelayaran AKPELNI Semarang adalah lembaga pendidikan pelayaran yang unggul, prima dalam prestasi, santun dalam perilaku.

MISI
  1. Mendidik dan melatih pemuda/i Jawa Tengah khususnya, Indonesia pada umumnya menjadi PERWIRA PELAYARAN NIAGA yang memiliki kompetensi standard nasional dan internasional
  2. Mendidik dan melatih pemuda/i Jawa Tengah khususnya, Indonesia pada umumnya menjadi PERWIRA LAUT yang memiliki kompetensi kepribadian melalui program pembinaan moral dan mental.
  3. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran dengan mengembangkan kurikulum, sarana pendidikan dan pelatihan, serta sumber daya manusia.
  4. Mewujudkan lulusan yang mampu berfikir secara ilmiah, bertanggung jawab, kreatif dan siap bekerja.
LEGALITAS